Inilah Penyebab Wajah Kusam Dan Berjerawat


Kulit wajah yang kusam apalagi berjerawat tentu tak sedap di pandang Mata, tetapi banyak orang yang mengalami hal itu sehingga menjadi tidak percaya diri dan bisa mempengaruhi produktivitasnya. Beberapa orang tidak menyadari bahwa kebiasaan buruk sehari-hari bisa menjadi penyebab terjadinya wajah kusam dan berjerawat. Apa sajakah itu? kali ini kita akan membahasnya bersama.

Kesehatan kulit ditentukan dari apa yang biasa Anda lakukan sehari-hari. Dari sumber makanan, minuman, aktifitas hingga kebiasaan (habit) Anda pun sangat mempengaruhi proses kerja metabolisme pada kulit. 

Anda merasa kulit Anda bermasalah? Mungkin Anda punya kebiasaan buruk dan secara tidak sadar akan memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan kulit Anda. Cobalah Anda hindari 10 kebiasaan buruk seperti di bawah ini:

1. Merokok

Sekalinya Anda ketagihan dengan rokok, sudah pastinya Anda akan merusak dan merugikan kesehatan diri Anda sendiri. Faktanya, berdasarkan penelitian yang terbit di majalah Plastic and Reconstructive Surgery, setiap tahun perokok terlihat 2,5 tahun lebih tua dari usia normalnya.

2. Minum Alkohol Terlalu Banyak

Anda sering meneguk minuman beralkohol? Seperti koktil, dan jika Anda minum koktil lebih dari sekali setiap harinya, maka kulit Anda akan rusak. Sebab, alkohol akan meningkatkan inflamasi atau peradangan pada aliran darah, yang mana akan membuat kulit Anda cepat kendur dan keriput. Efek ini akan berlaku pada setiap minuman alkohol lainnya. Jangan sekali-kali coba minum yang berakohol ya ladies.

3. Salah Memilih Produk

Kesalahan dalam memilih produk kecantikan kulit adalah kesalahan yang sering terjadi. Berikut yang perlu Anda ketahui tentang produk yang baik untuk digunakan sesuai dengan tipe kulit Anda:

  • Kulit Berminyak: Pilih cleanser atau pembersih dengan kandungan asam salisilat. Buatlah kulit Anda bersinar dengan oil-free lotion. Gosok halus juga dengan kandungan bahan exfoliant atau asam glikolik seminggu sekali.
  • Kulit Sensitif: Cuci basah kulit Anda dengan pembersih. Gunakan krim sunscreen bebas parfum dan non-iritasi. Gunakan pula krim anti-aging dengan kandungan bahan hydrator seperti asam hyalunoric dan shea butter.
  • Kulit Berkombinasi: Pilih foaming-cleanser khusus kulit berminyak. Gunakan pelembab atau moisturizer ringan pada bagian kulit kering.
  • Kulit Kering: Beri sentuhan kulit Anda dengan pembersih krim non-soap, biarkan minyak pelindung tetap di kulit Anda. Pelembab dengan kandungan trehalose akan bantu mencegah kesesakan napas pada kulit. Gunakan perawatan anti-aging dengan retinol setiap hari, atau krim dengan kinetin.

4. Mengabaikan Bagian Leher dan Dada

Perawatan kulit tidak hanya di bagian leher dan dada Anda. Area tersebut hampir selalu diperlihatkan, dan masih jarang sekali diberi efek hidrasi dan sunprotection seperti bagian wajah. Tetapi, kulit leher dan dada adalah bagian yang lebih sulit dan rentan untuk photoaging atau dermatoheliiosis yang merupakan pola perubahan kulit yang khas akibat paparan sinar matahari. Perbaikannya sederhana, hanya dengan memakai sunscreen, krim wajah, serum, atau perawatan exfoliating, Anda akan menyehatkan dan memperindah kulit leher dan dada Anda.

5. Memakai Kuas Makeup yang Kotor

Ketika Anda jarang mencuci alat makeup Anda, efek yang nanti dirasakan adalah tersumbatnya pori-pori dan terserang infeksi bakteri. Lakukan tiga minggu sekali, caranya mencuci kuas dengan shampo khusus untuk peralatan makeup.

6. Terlalu Sering Ngobrol Melalui Telepon

Hal yang akan terjadi jika Anda keseringan menggunakan telepon, dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Kadang kita saja jarang mengecek apakah telepon tersebut masih bersih dan bebas bakteri, atau tidak. Selain itu, berbicara dengan penggunaan telepon secara terus-menerus, juga dapat menyebabkan pergeseran kulit, oklusi, dan panas pada kulit. Gunakan alat bantu alternatif selain telepon genggam seperti headset agar kulit Anda tetap aman dan cantik.

7. Telat Bagun Pagi

Bangun kesiangan atau tidur dalam waktu yang lama akan menyebakan stres dimana akan menimbulkan jerawat, penyakit eksim dan psorias. Tidur juga merupakan proses tubuh Anda memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kulit dari siang harinya, dan memperlambat pergantian sel kulit jika kekurangan tidur. Tetapi kekurangan tidur dapat merusak aliran darah pada kulit dan membuat Anda terlihat lebih pucat dari biasanya.

8. Jarang Mencuci Wajah Setiap Malam

Membiarkan kulit wajah Anda berminyak dan berkeringat akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan timbul jerawat. Suhu tubuh Anda akan bertambah sedikit ketika Anda dalam keadaan tertidur, yang mana pada saat itu akan meningkatkan penyerapan apapun yang ada di permukaan kulit. Jadi, gunakan produk pembersih wajah dengan kandungan yang bermanfaat saat Anda tidur di malam hari.

9. Makan Junk Food

Bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi makanan junk food (makanan cepat saji), atau makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi, dapat meningkatkan kadar manis pada sel darah dan memicunya tingkat kadar hormon insulin, yang mana hormon tersebut menstimulasikan produksi minyak yang disebut hormon androgen dan menimbulkan jerawat. Ladies, mulai dari sekarang hindarilah makanan junk food demi kesehatan kulit Anda, dan lihat perubahan wajah Anda dalam waktu enam minggu. Sebagai gantinya, Anda boleh mengonsumsi makanan ringan seperti selai kacang dan alpukat, sebagai sumber energi lemak sehat yang dapat memberikan Anda nutrisi pada rambut, kulit, kuku dan metabolisme dasar.

10. Tangan Menyentuh Jerawat

Saat timbul jerawat, pasti Anda tergoda untuk menyentuhnya. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa semakin Anda sering melakukan hal ini pada jerawat Anda, akan membuat bakteri semakin hidup mengendap di dalam pori-pori, juga menyebabkan infeksi dan meninggalkan bekas luka, dan jerawat akan bertahan hidup lebih lama pada wajah Anda, sekitar dalam waktu seminggu atau dua minggu. Bahan-bahan dengan kandungan yang keras sekalipun juga tidak akan membantu Anda menghilangkan jerawat, seperti benzoyl peroxide yang digunakan dalam kadar yang berlebihan, justru akan merusak kulit sekitar jerawat Anda dan menyebabkan iritasi.

Untuk jerawat permanen, bahan krim dengan kandungan retinoid akan mencegah pori-pori tersumbat, tetapi hal ini akan mempertajam efek warna merah pada jerawat Anda, jadi hindari polesan yang berlebihan.

Adakah Cara yang lebih Mudah, Cepat dan Murah untuk membersihkan dan memutihkan Wajah agar nampak selalu berseri dan bercahaya?

Anda bisa menggunakan Cream Pembersih Wajah yang yang Murah tapi memberikan hasil yang nyata dalam waktu singkat, yaitu dengan Sabun Herbal Premium Berkualitas Tinggi, Prolivera.

Share this article :
+
This is the current newest page

0 Komentar untuk "Inilah Penyebab Wajah Kusam Dan Berjerawat"